Kamis, 27 November 2008

Ranu Kumbolo

Q udah pernah mengunjungi tempat yang bernama ranu kumbolo...
Q berangkat kesana pada tanggal 17 ampe 19 Oktober 2008. Q berangkat bareng -bareng ma temen kelas Q di kelas ekolog...
ekologi emang oke..
Qt berangkat dari malang menuju ketumpang naek len menuju tumpang, qt semua berjumlah 32 orang termasuk ma satu bapak dosen, bisa bibayangin seru banget kan coz Qt berangkatna rame-rame gto.., Q lanjutkan lagi mengenai perjalanan..
Setelah nyampe tumpang ada sebuah truk yang telah nungguin Qt tuk bawa Qt menuju Ranu Pane, perjalanan menuju ranu pane pun kami tempuh, kami berangkat dari tumpang pukul 9 malam WIB dan nyampe di Ranu Pane pukul 1.30 pagi WIB.
Setelah nyampe ranu pane Qt gak menyangka kalo disana udaranya dingin banget...
Setelah nyampe ranu pane Qt menuju pos untuk pendataan sebelum esok pagi kami melanjutkan perjalanan menuju ranu kumbolo, Qt menginap di pondok singgah yang berada di atas bukit..
Setelah kami beristirahat kurang lebih hanya 3,5 jam Qt ruz bangun coz Qt ruz ngelanjutin perjalanan menuju ranu kumbolo..
Setelah bangun ternyata diluar rumah singgah udara yang sangat sejuk(sebenernya dingin banget c..) ma panorama yang begitu indah telah menanti kami..
setelah sarapan pagi Qt berangkat menuju ranu kumbolo...

Ranu Kumbolo terletak di Jawa Timur tepatnya didaerah kabupaten Lumajang. Ranu kumbolo merupakan sebuah danau di pegunungan tengger-Semeru dengan ketinggian 2500 meter diatas permukaan air laut.
Perjalanan menuju ranu kumbolo awalnya biasa saja, Qt mengira Qt hanya berjalan beberapa kilo saja coz sebelumnya Qt belum pernah tau ranu kumbolo itu tempatnya seperti ap..
Qt berjalan ditemani oleh seorang porter sebagai penunjuk jalan..
Awalnya sang porter hanya bilang sebenarnya medan menuju ranu kumbolo hanya ditempuh selama 2 jam perjalanan bagi pendaki yang sehat, tapi ternyata kami menempuh perjalanan menuju ranu kumbolo selama kurang lebih 5 jam dengan jarak tempuh kurang lebih 28 km, Qt melewati 4 pos peristirahan, sungguh Qt gak menyangka kalau Qt bisa menempuh perjalanan yang sejauh itu terbayang pun tidak apalagi medan yang kita tempuh tidak mulus, mulai dari jalan yang licin, berbatu, tanjakan yang amat menenjak, serta jalan turunan yang curam, huh..... sungguh pengalaman yang sangat berharga dan takkan pernah terlupakan....
Tapi semua kelelahan yang Qt alami setelah perjalanan yang panjang dan begitu melelahkan bener-benar terbayarkan dengan pemandangan serta panorama yang terhampar begitu indahnya di hadapan Qt...
Ranu kumbolo begitu indah...
Wahh.........
Semua rasa capek yang terasa hilang seketika setelah melihat pemandangan danau yang begitu indahnya..
Huh..
Q gak bisa mengungkapkan dengan kata-kata keindahan danau ranu kumbolo yang begitu menakjubkan...Sesekali diatas danau terlihat embun yang sangat menyegarkan mata bila dilihat...
Dan air di danau Ranu kumbolo ini bisa langsung diminum lho....
airna benar-benar tawar rasanya....
awalnya teman-teman ragu kalo harus minum air mentah, tapi mao gimana lagi tidak ada pilihan lain coz air Qta telah habis semuanya waktu perjalanan berangkat...
Setelah kurang lebih satu jam Qt berada disana, foto-foto dan ngambil data kami harus segera pulang coz waktu telah menunjukkan pukul 1 siang coz Qt gak menginap di ranu kumbolo jadi Qt haruz segera kembali ke ranu pane agar tidak kemalaman dihutan..
Mata seakan tidak mao melewatkan sedikitpun melewatkan pemandangan yang begitu indahnya....Suatu saat nanti Q pengen banget kesana lagi..... ;)

2 komentar:

sus mengatakan...

hahhhh.. kuat amat jalan, cuma sejam trus balik lagi?? :O. hebat deh.. ranukumbolo kalo malem bagus loh.. ada ribuan bintang diatas & keliatan dekettt banget..

salam kenal

Anonim mengatakan...

Hemmm.....
liat apa ce cayank ;p

Posting Komentar

 

Everything i do......!!!! © 2008. Template Design By: SkinCorner